Dortmund Menyudahi Bundesliga Musim Ini dengan Tiga Poin

Dortmund Menyudahi Bundesliga Musim Ini dengan Tiga Poin

Agen Bola Terpercaya, Dortmund – Pertandingan paling akhir Juergen Klopp juga sebagai pelatih Borussia Dortmund di Bundesliga selesai dengan poin penuh, karena kemenangan 3-2 atas Werder Bremen. Namun hasil itu tidak cukup buat Dortmund untuk melakukan perbaikan posisi.

Klopp, yang telah meyakinkan mundur dari Dortmund waktu musim ini selesai, melakukan pertandingan terakhirnya juga sebagai pelatih club tersebut di arena Bundesliga dalam pertandingan kandang di Signal-Iduna-Park, Sabtu (23/5/2015) malam WIB.

Di pertandingan ini Klopp, yang mengatasi Dortmund mulai sejak 2008, tampak berkaca-kaca matanya. Sesudah pertandingan itu ia tinggal mempunyai satu pertandingan lagi berbarengan Dortmund, yaitu di final DFB-Pokal lawan Wolfsburg pada akhir bulan–partai yang juga mengiming-imingi ticket ke Liga Europa musim depan, terutama Wolfsburg pastinya maju ke Liga Champions.

Terkecuali Klopp kompetisi itu juga jadi peristiwa perpisahan buat Sebastian Kehl, yang mengakhiri karirnya berbarengan Dortmund mulai sejak membela club itu pada th. 2001 silam.

Dortmund sendiri berhasil memperoleh poin penuh waktu menjamu Bremen di pertandingan ini dengan gol-gol dari Shinji Kagawa, Pierre-Emerick Aubameyang, serta Henrik Mkhitaryan. Tamunya membalas lewat gol dari Levin Oztunali serta Theodor Gebre Selassie.

Walau demikian, penambahan tiga angka tak membawa Dortmund beranjak dari posisi tujuh serta mesti finis di posisi itu dengan 46 poin. Mengingat tim itu pernah ada di zona merah musim ini hasil ini sesungguhnya cukup oke.

Akan tetapi, saat sebelum pertandingan ini Dortmund sesungguhnya masih tetap mempunyai kesempatan untuk finis satu posisi tambah baik serta maju ke Liga Europa lewat posisi enam di Bundesliga–dengan kesempatan lolos yang lain didapat karena kesuksesan maju ke final DFB-Pokal. Salah satu prasyaratnya yaitu menang lawan Bremen.

Nah, biarpun prasyarat itu telah dipenuhi Dortmund, ada prasyarat lain yang tidak berhasil terwujud lantaran ada diluar tangan mereka. Di partai lain Augsburg menang 3-1 saat melawat ke markas Borussia Monchengladbach.

Dalam kompetisi itu Gladbach unggul lebih dahulu melalui gol Raffael di menit ke-36. Namun kartu merah untuk Haavard Nordtveit bikin tim tuan rumah, yang telah mengunci posisi tiga klassemen, mesti tampak dengan 10 pemain di bekas saat. Hasil itu dimaksimalkan Augsburg dengan membalas melalui Pierre-Emil Hoejbjerg, Tim Matavz, serta Sascha Moelders untuk berbalik menang.

Hasil itu bikin Augsburg saat ini mengoleksi 49 poin serta naik dua tingkat ke posisi lima untuk lolos segera ke fase group Liga Europa. Hal semacam itu tak terlepas dari kekalahan 0-2 dari Schalke di markas Hamburger SV. Schalke juga mesti senang turun ke posisi enam–lolos ke Liga Europa namun dari fase kualifikasi.

Buat Dortmund, bagusnya hasil ini terus bikin mereka maju ke Liga Europa. Meskipun dengan cara peringkat ada di posisi tujuh dengan kata lain diluar zona Eropa, kehadiran di final DFB-Pokal–menghadapi lawan yang telah di pastikan ke Liga Champions lewat posisi dua Bundesliga–sudah mengamankan eksistensi Die Borussen di Liga Europa apapun hasil di partai puncak kelak. Bedanya, dengan kondisi sekarang ini Dortmund masih tetap mesti melalui playoff sedang kemenangan di DFB-Pokal bakal kirim Dortmund lolos segera ke fase group Liga Europa.

Jalannya pertandingan

Sesudah dua menit pertandingan jalan Henrik Mkhitaryan telah meneror gawang lawan. Sesudah merangsek masuk ke kotak penalti Bremen, ia melepas tembakan meskipun penjaga gawang Koen Casteels masih tetap dapat menepis bola.

Baru di menit ke-15 pada akhirnya Dortmund sukses menjebol gawang tamunya. Bermula dari kekeliruan oper pemain lawan, Ilkay Guendogan lantas sukses kuasai bola serta mengopernya ke Shinji Kagawa. Dari jarak dekat, Kagawa juga bikin Dortmund unggul 1-0.

Dua menit lalu Dortmund melipat-gandakan kelebihan. Kesempatan ini Kagawa balik melakukan tindakan juga sebagai pengumpan, dengan Pierre-Emerick Aubameyang mencatatkan namanya di papan score. Gol terwujud dari kerja sama Marco Reus, Kagawa, serta Aubameyang.

Masuk menit ke-26 Bremen bikin pertandingan jadi tambah seru dengan mengecilkan ketinggalan. Dari permainan operan, bola selanjutnya dikuasai Zlatko Junuzovic yang lalu mengopernya ke Mete Oztunali. Ia lantas mengecoh Mats Hummels untuk cetak gol.

Tiga menit saat sebelum turun minum, Kagawa bikin assist keduanya dalam kompetisi. Dari suatu serangan balik, bola kiriman Kagawa mengarah pas ke Mkhitaryan yang menerimanya dengan mulus untuk lalu mengalahkan Casteels.

Di babak ke-2, tepatnya menit ke-56, Roman Weidenfeller dipaksa lakukan suatu tindakan penyelamatan apik untuk menghadang tembakan keras dari Oztunali yang bikin bola mengarah deras ke gawang Dortmund.

Baca Juga : Maldini: Gerrard Seperti Baresi

Bremen cetak gol saat pertandingan masuk menit ke-85. Junuzovic menaikkan assist dalam kompetisi, kesempatan ini dengan suatu kiriman bola mati yang digunakan oleh Theodor Gebre Selassie.

Susunan Pemain

Dortmund : Weidenfeller ; Durm, Subotic, Hummels, Schmelzer, Gundogan, Kehl (S Bender 86′), Mkhitaryan, Kagawa (Jojic 81′), Reus (Immobile 74′), Aubameyang.

Werder Bremen : Casteels ; Busch (Lorenzen 61′), Lukimya, Vestergaard, Sternberg (Proedl 87′), Kroos (Makiadi 75′), Selassie, Junozovic, Oztunali, Di Santo, Bartels.